PELAYANAN SIDANG ISBATH NIKAH TERPADU DI KECAMATAN TOILI

Penyerahan Salinan Penatapan oleh Ketua Pengadilan Agama Luwuk ( H. A. Zahri, S.H., M.HI.) Pada Sidang Isbath Nikah Terpadu Di Kecamatan Toili.

PELAYANAN SIDANG ISBATH NIKAH TERPADU DI KECAMATAN TOILI


pa-luwuk.net, Luwuk, 30 November 2017 dalam rangka melaksanakan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri Dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syari’ah Dalam rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah Dan Akta Kelahiran, maka kemarin pada hari Rabu tanggal 29 November 2017 bertempat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Toili Pengadilan Agama Luwuk dengan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Luwuk ( H. A. Zahri, S.H., M.HI.) melakukan kegiatan sidang isbath nikah terpadu bersama – sama dengan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupataen Banggai dan Kementrian Agama Kabupaten Banggai. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan akses terhadap pelayanan dibidang hukum dan membantu masyarakat terutama yang tidak mampu dalam memperoleh hak atas Buku Nikah dan Akta Kelahiran.

Melalui kegiatan isbath nikah terpadu ini Pengadilan Agama Luwuk berhasil memeriksa dan menyelesaikan 28 perkara permohonan isbath nikah dari 29 perkara isbath nikah yang telah terdaftar. dan sesaat setelah persidangan para Pemohon langsung diberikan salinan penetapan isbath nikahnya dari Pengadilan Agama Luwuk, dan penetapan tersebut langsung dijadikan sebagai dasar penerbitan Buku Nikah oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Toili dan Penerbitan Akta Kelahiran oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banggai sehingga pada hari itu juga para pemohon selaku penerima manfaat dari pelayanan sidang isbath terpadu dapat menerima dan memiliki manfaat yang berupa :

  1. Penetapan permohonan isbath nikah oleh Pengadilan Agama Luwuk
  2. Buku nikah oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Toili
  3. Akta kelahiran oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banggai

Setelah kegiatan pelayanan terpadu selesai dan para penerima manfaat telah mendapatkan manfaatnya maka akhirnya semoga semua jerih payah yang telah dilakukan dapat membawa manfaat, berkah dan ridha dari Allah SWT.....Amin ..(Red)