Ketua Kamar Agama Tak Ingin Generasi PA Lemah

Ketua Kamar Agama Tak Ingin Generasi PA Lemah


pa-Luwuk.net

Bogor | Badilag.net

Ketua Kamar Agama, Prof. Dr. H. Abdul Manan, S.Ip., S.H., M.Hum, yang dilantik tepat satu bulan yang lalu mengakui tugas yang diembannya ke depan cukup berat. Ia pun meminta seluruh warga peradilan agama bekerja keras mewujudkan visi peradilan agama yang agung.

Dalam Rakor Ketua MSy Aceh dan PTA seluruh Indonesia yang digelar di Mega Mendung, Bogor, Kamis sore (22/1/2015), Ketua Kamar Agama menyampaikan beberapa pesan penting.

Salah satu yang disampaikannya adalah tentang masa depan generasi peradilan agama. Ia tak ingin hakim-hakim dan aparat peradilan agama menjadi generasi yang lemah.

“Sepeninggal kami-kami nanti, jangan sampai kami meninggalkan generasi yang lemah. Silahkan berkompetisi, tidak akan dihalang-halangi. Jangan sampai nanti peradilan agama mempunyai generasi yang lemah,” kata Prof. Abdul Manan di hadapan peserta Rakor yang juga dihadiri beberapa hakim agung.

Ia juga mengomentari performance hakim-hakim peradilan agama. Menurutnya, performance itu penting dijaga karena berimbas pada kepercayaan publik terhadap peradilan agama. Terlebih, PA membutuhkan trust yang tinggi terkait kewenangan ekonomi syariah.

Tidak kalah pentingnya, martabat dan kehormatan hakim juga harus dijunjung tinggi. “Saya sering sampaikan, martabat dan kehormatan hakim itu kita sendiri yang menjaga. Jadi, tolong jaga martabat hakim dengan bekerja secara profesional,” tutur Ketua Kamar Agama.

Selain memberikan pembinaan kepada peserta Rakor, Ketua Kamar Agama juga menyampaikan arahan mengenai beberapa permasalahan seputar hukum di lingkungan peradilan agama.

Di akhir acara, Ketua Kamar Agama menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga peradilan agama yang telah memberikan ucapan selamat dan doa atas dirinya.

“Ada ribuan ucapan selamat dan doa yang dikirim ke saya, baik melalui SMS ataupun media lainnya. Saya tidak sempat balas satu per satu. Terima kasih atas doanya. Semoga dalam dua tahun ke depan, saya dapat menjalankan amanah dengan baik,” ungkapnya.

(Achmad Cholil)

Repost By Ahmad Edi Purwanto