SINKRONISASI DATA KEPEGAWAIAN SISTEM INFORMASI MAHKAMAH AGUNG RI (SIMARI)

SINKRONISASI DATA KEPEGAWAIAN SISTEM INFORMASI MAHKAMAH AGUNG RI (SIMARI)


pa-Luwuk.net

Medan-Humas, bertempat di Hotel Grand Antares Medan, Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI menyelenggarakan Pembinaan dan Bimbingan Teknis dengan tema ”Sinkronisasi Data Kepegawaian Sistem Informasi Mahkamah Agung RI (SIMARI) melalui Aplikasi Simpeg Pengadilan Tingkat Banding dan Pertama pada empat lingkungan Peradilan di Wilayah Provinsi Sumatera Utara”. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 110 peserta terdiri dari para Pejabat Pengelola Kepegawaian dan Operator IT masing-masing 2 orang dari seluruh Pengadilan sewilayah provinsi Sumatera Utara yang berlangsung selama 3(tiga) hari dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 17 Oktober 2014.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Biro Hukum dan Humas Dr. Ridwan Mansyur, SH.,MH didampingi oleh Partini, SH Kepala Biro Kepegawaian, Jannes Aritonang, SH, MH Hakim Tinggi PT Medan dan H. Syahron Nasution, SH, MH Wakil Ketua PTA Medan, Drs. Darwis, M.Eng. selaku Ketua Pelaksana, Dwi Maria Pupita Sari, S.Kom., MM. selaku sekretaris pelaksana, serta Durminto, S.Kom, MH Kasubdit Data dan Evaluasi Dirjen Badilag MA-RI dan Aman Suyono konsultan IT masing-masing sebagai Nara Sumber.

Dalam sambutannya Kepala Biro Hukum dan Humas memberikan arahan sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa kegiatan sinkronisasi database kepegawaian SIMARI melalui berbagai sistem aplikasi kepegawaian (dalam hal ini SIMPEG) pengadilan empat lingkungan peradilan menggunakan aplikasi API (Aplication Programming Interface)merupakan program jangka pendek Mahkamah Agung dalam rangka mengintegrasikan semua database yang sudah ada dan menempatkannya dalam satu repositori database SIMARI sebagai basis sistem informasi manajemen bagi pimpinan puncak (top level management), menengah (middle level management) dan bawah (low level management) yang mampu memberikan informasi yang akurat, tepat pada waktunya dan relevan situasi dan kondisinya sebagai pendukung bagi pimpinan tersebut membuat keputusan dan kebijakan yang optimal. Kepala Biro Hukum dan Humas juga menambahkan bahwa pada tahap jangka pendek berikutnya 2015 – 2019 SIMARI dijadikan rumah dari semua sistem aplikasi yang ada seperti Komdanas, CTS, SIADPA/PTA, SIADMIL, SIADTUN dalam rangka menyonsong era e-manajemen dan e-litigasi untuk memberikan layanan informasi elektronik bagi aparatur perkara perkara di pengadilan seperti hakim, panitera dan PNS juga bagi pengguna jasa pengadilan seperti para pihak berperkara, pengacara, jaksa, polri, dll.

Hal yang senada juga disampaikan oleh Partini, SH, Kepala Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung sebagai narasumber dalam acara bimtek tersebut mengutarakan bahwa dengan terbangunnya repositori database kepegawaian SIMARI yang dialirkan dari pengadilan-pengadilan melalui aplikasi API SIMARI semua satker dapat memanfaatkannya kembali untuk mengeksplorasi informasi dengan berbagai aplikasi seperti SKP (Sasaran Kerja Pegawai) Online, Absensi Online, Sistem Informasi Baperjakat, Sistem Pelaporan Serbaguna, dll sebagainya yang semuanya sudah tersedia di dalam SIMARI.

Sebelumnya Jannes Aritonang, SH.,MH Hakim Tinggi PT Medan mewakili Ketua PT Medan dalam sambutannya mengatakan sejak tahun 2012 dalam rangka melaksanakan reformasi birokrasi di lingkungan Ditjen Badan Peradilan Umum seluruh pengadilan umum di wilayah provinsi Sumatera Utara telah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) tentunya kegiatan Sinkronisasai data SIMARI yang dilakukan di wilayah provinsi Sumatera Utara ini merupakan momentum yang sangat tepat sehingga seluruh data kepegawaian pengadilan umum di wilayah provinsi Sumatera Utara melalui aplikasi API dapat terupdate di dalam database SIMARI.


Darwis, M.Eng, Kepala Bagian Pengembangan Sistem Informatika Biro Hukum dan Humas sebagai narasumber beriktunya mengatakan Sinkronisasi Data menggunakan aplikasi API merupakan salah satu cara untuk membangun database terintegrasi Mahkamah Agung melalui kerja sama antar vendor yang ada di lingkungan Mahkamah Agung menjadikan stimulan inovasi bagi semua vendor untuk terus berpartisipasi aktif bersama-sama membangun SIMARI sesuai dengan perkembangan regulasi dan teknologi.

Durminto, S.Kom, MH., Kasubdit Data dan Evaluasi Dirjen Badilag yang didampingi Aman Suyono konsultan IT juga sebagai narasumber mengatakan saat ini semua database SIMPEG empat lingkungan peradilan Badilum, Badilag, dan Badilmiltun dengan aplikasi API sudah terupdate di dalam SIMARI. Dan menambahkan bahwa program penguatan infrastruktur yakni server, storage, jaringan LAN, WAN dan Internet seperti yang disampaikan oleh Dr. Ridwan Mansyur, SH., MH. perlu secepatnya di realisasi agar semua aplikasi yang ada dalam SIMARI dapat dimanfaatkan uleh user dengan baik.

Kegiatan bimtek ini ditutup oleh H. Syahron Nasution, SH, MH Wakil Ketua PTA Medan. dalam sambutan penutupannya mengatakan semua pimpinan dan staf pengadilan empat lingkungan peradilan wilayah provinsi Sumatera Utara memberikan apresiasi yang sangat baik kepada pimpinan pusat khususnya Kepala Biro Hukum dan Humas yang telah melaksanakan kegiatan bimtek tersebut dengan baik dimana sempat menyaksikan sampai pada saat detik-detik penutupan semua peserta masih lengkap dan tetap semangat bertanya dan berlatih menggunakan Aplikasi Sinkronisasai Data SIMARI.(Indah/RM)

Repost By Ahmad Edi Purwanto